Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Angin Termasuk Energi Yang Dapat Diperbarui

Atikel sebelumnya membahas mengenai angin/udara merupakan energi gerak, kali ini admin akan membahas tentang mengapa angin termasuk energi yang dapat diperbaharui.

Angin adalah sumber energi yang tercipta secara alami secara terus menerus di permukaan bumi, terciptanya angin karena disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan tinggi dan rendah sehingga memicu munculnya angin yang berhembus dari tempat yang bertekanan tinggi menuju ke daerah yang memiliki tenakan rendah.

Alasan mengapa angin termasuk dalam kategori sumber energi yang dapat diperbarui/terbarukan adalah karena angin merupakan energi gerak yang tercipta terus menerus secara alami di permukaan bumi dan energi angin ini dimanfaatkan oleh manusia sebagai pembangkit listrik tenaga angin.

Karena angin adalah pembangkit listrik yang ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi serta ketersediaanya selalu ada karena terbentuk secara alami maka angin sangat cocok dalam kategori energi yang dapat di perbaharusi.

Namun juga perlu diketahui juga bahwa tdak semua angin dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, ada juga sifat angin yang merusak sepeti angin topan dan tornado, serta angin yang terlalu lemah seperti saat kita menghembuskan nafas. Semoga pembahasan mengenai angin termasuk energi yang dapat diperbarui ini bermanfaat.