Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Koloid Kondisi Larutannya Lebih Stabil Daripada Suspensi

Karena larutan koloid memiliki sifat gerak brown dimana partikel penyusun larutan koloid bergerak secara terus menerus, sedangkan suspensi tidak, selain itu larutan koloid memiliki partikel yang ukurannya jauh lebih kecil dari pada larutan suspensi, adapun ukurannya antara 1nm sampai 100nm, sedangkan suspensi itu memiliki ukuran partikel yang besar yaitu diatas 100nm.

Karena ukurannya yang besar maka larutan suspensi tidak menyatau dan terpisah bahkan mudah dibedakan, sedangkan koloid kecil sehingga terlihat terlarut dan hampir menyerupai larutan sejati. Larutan koloid tidak bisa disaring, sedangkan suspensi bisa disaring.

Contoh larutan koloid itu gula yang dilarutkan kedalam air (terlihat menyatu dan tidak mengendap) sedangkan contoh larutan suspensi seperti air yang dilarutkan dengan pasir, mau diaduk seperti apapun pada akhirnya pasir akan tetep mengendap/terpisah.

Semoga penjelasan tentang mengapa koloid kondisi larutannya lebih stabil daripada suspensi pada artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.