Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Kronologi Diperlukan Dalam Sejarah

Sejarah adalah kajian tentang peristiwa yang terjadi di masalalu berperan untuk mengungkap sebab akibat tebentuknya peristiwa yang telah terjadi dalam peradaban manusia. Para ilmuan sejarah menggunakan kajian narasi kronologis untuk memecahkan suatu misteri dalam sebuah sejarah.

Lalu mengapa kronologi diperlukan dalam sejarah ? Alasan mengapa kronologi penting dan diperlukan dalam sejarah karena kronologi akan menjelaskan bagian-bagian waktu penyusun terbentuknya suatu sejarah.


Misalnya sejarah runtuhnya suatu kerjaaan akan menjelaskan sebab akibat dan kapan runtuhnya suatu kerjaan terjadi. Contoh lagi sejarah peperangan juga akan menjelaskan kapan terjadinya perang. Hal ini menunjukkan bahwa kronologi berperan penting dalam menjelaskan kapan suatu peristiwa terjadi.

Sekarang coba Anda bayangkan jika kronologi dihilangkan dalam sejarah, maka informasi sejarah akan sulit dipahami dan diterima karena tidak jelas kapan peristiwa sejarah tejadi.

Pentingnya kronologi dalam sejarah untuk membantu para peneliti memperoleh informasi lebih lanjut mengenai sebab akibat dan membantu menemukan hal-hal penting untuk menjawan misteri yang berkaitan pada waktu sejarah terbentuk.

Kronologi dibutuhkan dalam sejarah untuk menhindarkan dari anakronisme atau ketidak tepatandalam waktu terjadinya sejarah.

Pendekatan kronologi juga digunakan oleh pihak kepolisian untuk memecahkan beberapa kasus yang perlu segera diselesaikan. Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan para pembaca.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul Alasan Mengapa Kronologi Diperlukan Dalam Sejarah dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/06/mengapa-kronologi-diperlukan-dalam-sejarah.html