Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Pohon Pisang Mati Setelah Berbuah

Biasanya pohon pisang ketika sudah berbuah akan mati, kenapa ya pohon pisang ini hanya 1 kali berbuah dan mengapa pisang tidak bisa berbuah dua kali?

Alasan mengapa pisang setelah berbuah akan mati dan tidak akan berbuah dua kali karena tanaman pisang termasuk dalam tanaman buah semusim (annual crops), tanaman semusim ini memiliki siklus yang setelah berbuah akan mati.

Sebenarnya tanaman pisang setelah berbuah tidak langsung mati, kecuali langsung kita tebang. Siklus hidup tanaman pisang dilanjutkan oleh anakan pisang yang muncul disekitar tanaman induk, sehingga kita tidak perlu repot menanam lagi.

Tahukah sobat bahwa pohon pisang tidak akan mati kalau kita tebang batangnya pada saat belum berbuah, pohon pisang ini akan tumbuh lagi daun hingga berbuah dan setelah itu akan mati, sungguh mengagumkan ya tanaman pisang ini, dia akan terus hidup sampai bisa memberikan manfaat dengan memberikan buahnya.

Fenomena matinya pohon pisang setelah berbuah ternyata juga dipengaruhi oleh struktur tanaman pisang, jika sobat perhatikan pohon pisang ini terdiri dari pelepah yang saling menyusun, apabila kita buka-satu persatu akan kita jumpai bagian tengah yang keras di bawah apikal, bagian inilah yang nanti akan menjadi buah, coba perhatikan letak buah berada pada pangkal daun yang tengah.

Oleh sebab itu ketika bagian buah sudah keluar maka tugas pisang sudah selesai untuk tumbuh dan diteruskan oleh geneasi berikutnya (Anakan pisang yang tumbuh melalui tunas)

Jadi begitu penjelasan mengapa pohon pisang mati setelah berbuah, dan alasan mengapa tanaman pisang tidak akan berbuah dua kali, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.