Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Gas CFC Dapat Menyebabkan Lubang Ozon Semakin Besar

Alasan mengapa gas CFC dapat menyebabkan lubang ozon semakin besar karena gas CFC ketika di lepaskan ke atmosfer maka gas ini akan terurai menjadi atom C sendiri yang sangat reaktif terhadap atom O, ketika atom C ini bertemu dengan molekul O3 (Ozon) maka atom C akan menarik satu atom O dari ozon sehingga terurainya ozon menjadi oksigen (O2) dan karbon monoksida (CO).

Ketika karbon monoksida (CO) ini terbentuk maka akan mengikat 1 atom O lain dari Ozon yang lain sehingga terbentuk karbon dioksida (CO2). Apabila hal ini terus terjadi maka lapisan ozon di atmosfer akan menipis bahkan berlubang sehingga yang melapisi atmosfer bumi dominan gas CO2.

Karbon dioksida yang terlalu banyak akan mengakibatkan efek rumah kaca dan meningkatkan panas bumi, karena CO2 dapat menyerap panas bumi.

Oleh sebab itu penting untuk kita tetap memastikan lapisan ozon tetap stabil di atmosfet bumi karena ozon berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai ancaman dari luarngkasa seperti sinar ultraviolet yang berbahaya.

Demikian penjelasan tentan mengapa gas CFC dapat menyebabkan lubang ozon semakin besar. Apabila sobat merasa artikel ini bermanfaat dan membantu silahkan share artikel ini dengan menyebarkan link ini ya https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-gas-cfc-dapat-menyebabkan-lubang-ozon-semakin-besar.html.