Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Mengapa Hujan Asam Merugikan Manusia

Alasan mengapa hujan asam merugikan bagi manusia karena hujan asam dapat menimbulkan banyak kerugian bagi manusia, diantara kerugian yang ditimbulkan oleh hujan asam sebagai berikut :

1. Mengganggu Kesehatan Manusia 
Kerugian yang pertama adalah dapat mengganggu kesehatan manusia, alasannya karena air hujan asam dapat menyebabkan sesak napas karena menggangu kerja paru-paru.

2. Meningkatkkan Suhu Bumi 
Kerugian yang kedua adalah suhu dipermukaan bumi akan meningkat dari biasanya, hal ini karena panas matahari yang diterima bumi dipantulkan lagi ke atas, karena atmosfer mengandung asam maka panas yang seharusnya dipantulkan diserap oleh asam sehingga panas tetap berada di permukaan bumi.

3. Meracuni Tumbuhan dan Hewan Air
Kerugian yang ketiga adalah tumbuhan layu bahkan mati bila terpapar hujan asam. Selain itu hewan-hewan air di daratan seperti sungai, kolam, empang dan waduk yang terkontaminasi hujan asam bisa mati. Hal ini disebabkan tumbuhan dan hewan air keracunan akibat kadar asam yang tinggi.

4. Mempercepat Korosi Pada Bangunan 
Kerugian yang keempat adalah mempercepat lapuknya bangunan dan gedung-gedung yang sibabkan percepatan korosi pada besi yang diakibatkan oleh kandungan asam tinggi pada air. Bangunan yang konstruksi bagian luarnya terdiri dari logam besi akan sangat dirugikan apabila terjadi hujan asam.

Penjelasan di atas menjelaskan bahwa banyak kerugian bagi manusia yang diakibatkan oleh terjadinya hujan asam, dan menariknya penyebab hujan asam itu sendiri karena ulah manusia (kalau dalam istilah kerennya senjata makan tuan).

Karena kita sudah tau kerugian hujan asam, ayo kita sama-sama mengurangi potensi penyebab hujan asam terjadi dengan menjaga likungan dan mengurangi polusi udara. Mulailah dari diri kita ya, jika artikel ini bermanfaat yuk share artikel ini dengan membagikan link ini https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-hujan-asam-merugikan-manusia.html