Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Negara Indonesia Disebut Negara Kepulauan

Alasan mengapa Indonesia disebut negara kepulauan karena Indonesia adalah negara yang kawasannya terdiri dari banyak sekali pulau dari Sabang sampai Merauke dan Rote sampai Miangas.

Jika mengacu pada data pemerintah, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau baik yang sudah dihuni ataupun yang berpenghuni. Jumlah ini sangat banyak sekali jika dibandingkan negara lain.
Mengapa Negara Indonesia Disebut Negara Kepulauan

Karena jumlah pulau yang begitu banyak membuat Indonesia dijuluki dengan sebutan Negara Kepulauan. Jadi sangat wajar jika negara kita adalah negara yang daratannya dikelilingi oleh air.

Untuk saling terhubung antara satu pulau dan pulau lainnya maka dibutuhkan transportasi laut dan udara agar jalus distrubis barang lancar dan merata kesemua daerah. Inilah konsekuensi yang dimiliki oleh Negara kepulauan.

Apa keuntungan yang dimiliki Indonesia karena menjadi Negara kepulauan? Keuntungannya adalah sumberdaya alam yang melimpah, khususnya sektor perairan seperti melimpahnya tangkapan ikan laut.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul Mengapa Negara Indonesia Disebut Negara Kepulauan dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-negara-indonesia-disebut-negara-kepulauan.html Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.