Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Orang Harus Bekerja

Alasan mengapa orang itu harus bekerja adalah karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia untuk bertahan hidup membutuhkan makanan dan tempat tinggal, untuk memperoleh kedua hal di atas harus bekerja. Contoh petani harus bekerja dengan cara mencangkul tanah, menebar benih dan merawat tanaman agar tanamannya bisa berbuah dan menghasilkan makanan.

Pada dasarnya bekerja adalah kebutuhan selain untuk memperoleh hasil dari kerjanya bisa berupa uang atau produk, bekerja juga agar orang menjadi lebih bermanfaat di dalam kehidupannya.

Dari sudut pandang agama bekerja adalah perintah dari tuhan dengan tujuan agar hamba tuhan bisa bertahan hidup dan mensedekahkan sebagian harta yang diperoleh untuk orang lain. Di jelaskan juga dalam riwayat hadis bahwa sebaik-baiknya harta adalah harta yang di cari dari jeripayah sendiri.

Dari sudut pandang sosial, orang yang memiliki pekerjaan akan lebih dihormati di lingkungannya, semakin bagus pekerjaan orang lain maka semakin bernilai orang tersebut di lingkungan hidupnya.

Selain itu seorang laki-laki juga harus bekerja untuk memenuhi kehidupan dirinya dan keluarganya, hal ini sudah menjadi aturan dalam norma kehidupan dan perintah agama.

Jadi mengapa seseorang harus bekerja? Alasan utama adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, mencapai derajat hidup yang lebih baik di lingkungan sosialnya dan menghindari dari ketergantungan dari orang lain.  Selain itu juga bekerja adalah perintah agama.