Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Matahari Yang Menjadi Pusat Tatasurya Jelaskan

Alasan mengapa matahari menjadi pusat tatasurya adalah karena matahari murupakan bintang yang memiliki gravitasi yang paling besar diantara benda lain ditatasurya, karena gravitasi matahari yang besar ini membuat benda-benda lain di dalam tatasurya bergerak mengelilingi matahari seperti planet dan komet.

Matahari juga memiliki energi panas dan cahaya yang sangat terang membuat matahari menjadi sumber cahaya dan energi bagi planet-planet yang berada di tatasurya.

Karena begitu besar peran matahari menjaga keseimbangan bagi para planet, membuat matahari menjadi pusat tatasurya.

Kalau disimpulkan penyebab matahari menjadi pusat tatasurya adalah karena matahari menjadi pusat keseimbangan bagi keberlangsungan planet dan benda-benda langit lainnya di dalam tatasurya.



Peran Matahari di Bumi Sebagai Pusat Tatasurya 
Di bumi peran matahari sangat besar dalam kehidupan organisme didalamnya, matahari dimanfaatkan manusia sebagai pembangkit listrik tenaga surya, matahari untuk produksi garam, mengeringkan baju, penerangan dan penghangat.

Matahari bagi planet bumi sebagai sumber panas agar bumi tidak membeku dan bagi tanaman sinar matahari dimanfaatkan untuk proses fotosintesis dalam memproduksi glukosa sebagai makanannya. Tumbuhan yang hidup dan berkembang karena bantuan sinar matahari ini dimanfaatkan hewan dan manusia sebagai bahan pangan pokok.