Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Jarang Ada Tanaman Yang Tumbuh Di Daerah Kutub

Alasan mengapa didaerah kutub jarang ada tanaman adalah karena didaerah kutub paparan sinar matahari sangat rendah sehingga tanaman tidak dapat melakukan fotosintesis yang menjadi sumber makanannya, selain itu unsurhara juga minim karena permukaan tanahnya terbalut oleh salju. Karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung membuat tumbuhan di kutub mengalami kesulitan untuk bertahan hidup sehingga menyebabkan tanaman jarang bisa hidup didaerah ini.

Mengapa Jarang Ada Tanaman Yang Tumbuh Di Daerah Kutub

Faktor Penting Tanaman Bisa Tumbuh Di Daerah Kutub
Agar tanaman bisa tumbuh dengan subur di daerah kutub butuh perlakuan khusus berupa rekayasa lingkungan agar dapat semirip mungkin dengan lingkungan optimal hidupnya.

Misalnya tanaman ditumbuhkan di greenhouse yang diberi penghangat ruangan, pencahayaan lampu dengan intensitas menyerupai sinar matahari agar dapat melakukan proses fotosintesis, selain itu juga memberikan nutrisi berupa pupuk dan mineral agar metabolisme tanaman dapat berjalan dengan lancar.

Jarang Bukan Berarti Tidak Ada Tanaman Di Daerah Kutub 
Tanaman tertentu bisa bertahan hidup di daerah kutub karena memiliki morfologi/organ yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan kutub.

Beberapa tanaman yang dapat hidup di daerah kutub adalah tumbuhan pemakan daging, bunga poppy, semak willow dan lichen tua serta beberapa tanaman lain yang tidak admin sebutkan.

Tanaman yang dapat tumbuh di daerah kutub memiliki sifat toleransi terhadap suhu dingin, sinar matahari yang rendah, dan unsur hara yang minim. Oleh sebab itu tanaman di kutub sangat jarang karena jenis tumbuhan kutub juga sedikit.

Bersyukurlah kita hidup di daerah yang memiliki banyak musim karena terdapat banyak tumbuhan yang bisa kita ambil manfaatnya, baik dari udara yang segar (oksigen), keindahan pemandangan, dan hasil pertanian seperti buah-buahan dan sayuran.

Demikian ulasan tentang mengapa sangat jarang ada tanaman yang tumbuh di daerah kutub, semoga bermanfaa dan sampai jumpa.