Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Mengapa Baju Putih Menjadi Kuning

Mengapa baju putih bisa menjadi kuning ya, apa yang menjadi penyebabnya. Baju putih menjadi kuning bisa karena beberapa faktor diataranya penggunanan pemutih yang berlebihan, air cucian yang digunakan, tempat penyimpanan baju, penggunaan deterjen, pembilasan baju dan lain-lain.

Namun pada artikel ini admin akan menyampaikan beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi penyebab baju putih Anda menjadi kuning, simak penjelasannya di bawah ini.

4 Penyebab Mengapa Baju Putih Menjadi Kuning

Faktor Penyebab Baju Putih Menguning
1. Penggunaan pemutih
Kok bisa, bukannnya pemutih itu untuk memutihkan baju? kenapa jadi menguning. Alasannya adalah kerena pemutih merupkan disenfektan kuat yang terbuat dari bahan kimia yang apabila digunakan secara berlebihan justru akan membuat baju putih cepat kusam dan menguning.

2. Penggunaan air cucian
Air yang mengandung mineral tinggi juga dapat menyebabkan baju putih menguning loh, hal ini terjadi karena kandungan mineral dalam air dapat mengendap dalam serat baju sehingga lama-lama baju putih akan berwarna kuning.

3. Penggunaan diterjen dan pembilasan
Mulai sekarang Anda harus memperhatikan jumlah diterjen dalam mencuci baju putih, selain itu juga dalam membilasnya. Apabila Anda menggunakan diterjen terlalu banyak dan cara membilasnya salah maka residu diterjen akan menempel di serat baju putih dan membuat baju putih menguning.

Gunakanlah diterjen secukupnya dan bilaslah hingga bersih hal ini akan mengurangi residu diterjen di dalam serat baju putih.

4. Tempat menyimpan baju putih
Nah ini nih yang sering terjadi, baju putih disimpan di tempat yang lebab dan lemari dari kayu. Hal ini akan membuat warna kayu menempel pada baju putih selain itu tempat yang lembab akan membuat baju putih terkena jamur sehingga warnanya akan menjadi kuning.

Simpanlah baju putih Anda ditempat yang kering, teduh dan apabila lemari Anda dari kayu sebaiknya diberi alas kertas kado agar warna kayu tidak menempel pada baju putih Anda.

Baca juga : Sejarah Penyebab Baju Pramuka Berwarna Coklat

Tips Memutihkan Baju Putih Yang Menguning Dengan Bahan Alami
Bahan yang akan kita gunakan adalah lemon, pertama sediakan air peras lemon 100 ml dan satu ember air panas, selanjutnya campurkan dua larutan tadi dan rendam baju putih Anda selama 1-2 jam dan langkah terakhir peras dan jemur pakaian Anda.

Setelah kering Anda bisa langsung mencuci baju putih Anda menggunakan diterjen agar berbau wangi dan bersih dari sisa air jeruk lemon.