Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Koperasi Sangat Dibutuhkan Oleh Masyarakat

Alasan mengapa koperasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia adalah karena koperasi dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah di masyarakat terutama dibidang ekonomi dan sosial.

Masalah umum yang terjadi di masyarakat saat ini adalah ketimpangan ekonomi dimana yang memiliki modal/uang akan semakin kaya, sedangkan yang hidup dibawah semakin kesulitan ekonomi.

Akibat sulitnya ekonomi banyak permasalahan yang muncul diantaranya penyimpangan sosial, masalah kesehatan, bahan pangan tidak terjangkau, dan akses pendidikan yang layak semakin sulit diperoleh oleh kalangan bawah.

Munculnya Koperasi diharapkan mampu menjawab tantangan ekonomi yang selama ini belum terselesaikan.

Bagaimana Koperasi Membantu ekonomi Masyarakat?
Koperasi merupakan badan usaha yang berasal dari anggota dan untuk anggota (masyarakat). Dibentuknya secara sukarela dan gotong royong sehingga dengan dibentuknya koperasi oleh masyarakat akan memberikan banyak manfaat, diantaranya.

1. Koperasi dapat memberikan pinjaman modal untuk anggota yang ingin memulai usaha dengan bunga kecil.

2. Koperasi konsumsi menawarkan produk dan jasa dengan harga lebih murah kepada masyarakat.

3. Keuntungan yang dihasilkan oleh koperasi akan dikembalikan kepada anggota berupa SHU (Sisa Hasil Usaha).

4. Membantu menanamkan sikap tanggung jawab, disiplin dan kerjasama antar anggota dan pengurus koperasi.

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat jika membentuk koperasi di lingkungannya, dengan catatan koperasi dikelola secara profesional, terbuka dan disiplin.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul mengapa koperasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Halaman ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/10/mengapa-koperasi-sangat-dibutuhkan-oleh-masyarakat.html