Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tanaman Padi Banyak Dibudidayakan di Dataran Rendah dan Tempat Terbuka

Dulajar, Alasan mengapa tanaman padi banyak dibudidayakan di dataran rendah dan tempat terbuka adalah karena padi membutuhkan cahaya matahari yang cukup, suhu yang hangat, tanah yang subur, perairan yang baik dan tempat yang datar. Umumnya dataran rendah memiliki lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman padi untuk dapat berproduksi dengan baik.

Syarat Tumbuh Tanaman Padi 
Tanaman padi pada umumnya membutuhkan suhu 11-25 oC untuk perkecambahan, 22-23oC untuk pembungaan, 20-25 oC untuk pembentukan biji, dan suhu yang lebih panas 25- 35oC. Curah hujan 1500-2000 mm pertahun dan ketinggian lokasi optimum antara 0-1500 mdpl, pH tanah yang sesuai pH 4-7.
Mengapa Tanaman Padi Banyak Dibudidayakan di Dataran Rendah dan Tempat Terbuka

Pertanyaan berikutnya  "mengapa dataran tinggi jarang ditanam tanaman padi"? Alasannya adalah\ karena dataran tinggi jarang memiliki lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman padi, selain itu dataran tinggi iklimnya tidak cocok dengan padi yang butuh suhu hangat.

Kelebihan dan Kelemahan Dataran Tinggi dan Rendah Untuk Tanaman Padi 
Dataran rendah memiliki nilai plus perairan/irigasi yang baik, suhu yang hangat dan stabil, dataran yang datar dan luas, jarang pepohonan tinggi sehingga sinar matahari dapat menyinari tanaman padi dengan maksimal, tanah dataran rendah kaya bahan organik dan subur.

Kelemahan dataran tinggi terletak pada kondisi tanah yang naik turun/perbukitan (tidak datar), irigasi air sulit, jenis tanah yang berpasir, tanah minim kandungan organik, banyak pohon-pohon besar yang menghalangi pencahayaan, suhu yang dingin dan akses transportasi cenderung lebih sulit.