Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Nasi Goreng Dijual Malam Hari

Dulajar, kenapa nasi goreng selalu dijual malam hari ya? Jarang, bahkan gak pernah kita menjumpai abang abang jualan nasi goreng saat pagi atau siang hari, kira-kira apa ya alasannya?

Biasanya tukang nasi goreng mulai berjualan antara jam 5 sore sampai jam 11 malam atau sampai stok nasinya habis. Setelah saya melakukan pemikiran mendalam penyebab kenapa jualannya selalu malam ada beberapa alasan, berikut ini jawaban berdasarkan pemikiran subjektif saya :

Alasan Penjual Nasi Goreng Selalu Buka Malam Hari

1. Nasi goreng dikategorikan sebagai makanan cemilan

Umumnya konsumen nasi goreng menganggap nasi goreng bukan sebagai makan malam tetapi sebagai cemilan setelah makan di sore hari sehingga saat malam sudah lapar lagi dan akhirnya untuk mengganjal lapar dipilihlah nasi goreng.

Kenapa Nasi Goreng Dijual Malam Hari

2. Kebiasaan Konsumen
Kebiasaan konsumen Indonesia mengkonsumsi/makan nasi goreng pada saat sore hari dan malam hari sehingga penjual nasi goreng juga menyesuaikan waktu untuk berjualan agar dagangannya habis laku terjual.

3. Temperatur dan Penyajian
Saat malam hari umumnya kita akan merasa lapar karena suhu/temperatur yang dingin sehingga memicu untuk ingin memakan sesuatu yang dapat menghangatkan badan dan meredakan lapar. Salah satu makanan yang tepat untuk dipilih adalah nasi goreng, alasannya adalah karena penyajiannya yang saat kita beli saat itu juga abang penjual akan memasak nasi goreng untuk kita, jadi kita dapat memakan nasi goreng dalam kondisi panas atau hangat.

Makanan Pendamping Nasi Goreng 

Agar nasi goreng dapat dinikmati dengan lebih enak maka perlu makanan pendamping, beberapa makanan yang cocok untuk dimakan bersama nasi goreng adalah kerupuk, sosis, potongan ayam, telur dadar atau ceplok, potongan hati dan ampela. Sedangkan minuman yang cocok adalah teh atau jeruk hangat bisa menjadi pilihan. Jika nasi goreng nya pedas banget sebaiknya minuman yang dipilih adalah segelas susu hangat untuk meredakan pedas.