Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Harus Mencintai Produk Dalam Negeri

Dulajar, Alasan mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri adalah karena dengan mencintai produk dalam negeri kita akan semakin bangga dan menambah rasa cinta kita kepada negara kita sendiri dan manfaatnya ekonomi dalam negeri akan meningkat dan semakin kuat. Berikut ini uraian pentingnya mencintai produk lokal :

1. Meningkatkan Kemandirian Bangsa
Membeli produk-produk lokal atau dalam negeri adalah salah satu bukti rasa cinta kita kepada negara kita, dengan membeli produk lokal maka akan memacu kemandirian bangsa terhadap kebutuhan dalam negeri karena kita tidak bergantung pada produk luar. Produsen lokal akan merasa di hargai dan terpacu untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dan memenuhi kebutuhan di sektor yang lain.
Mengapa Kita Harus Mencintai Produk Dalam Negeri

2. Terciptanya Lapangan Kerja Baru
Produk dalam negeri otomatis diproduksi di dalam negeri juga sehingga apabila terjadi peningkatan permintaan produk lokal maka akan dibutuhkan tenaga/karyawan baru untuk memenuhi kebutuhan yang ada, hal ini membuat terbukanya lowongan kerja baru untuk masyarakat lokal. Apabila ini terjadi terus menerus maka akan mengurangi jumlah pengangguran dalam negeri.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial 
Dengan berkurangnya pengangguran dan ketersediaannya lapangan pekerjaan maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat karena mereka dapat memenuhi kebutuhan dari gaji atau usaha yang dilakukan.

4. Meningkatnya Kualitas Produk Dalam Negeri 
Apa bila minat produk dalam negeri tinggi maka akan muncul rasa tanggung jawab dari produsen lokal untuk memberikan pelayanan dan kualitas yang lebih baik untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap produk mereka.

Baca Juga : Contoh Perilaku Cinta Produk Indonesia

Rangkuman : Alasan mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri adalah agar bangsa kita semakin mandiri dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan dalam negeri, tidak tergantung produk asing sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat karena uang akan berputar di dalam negeri.