Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Daun Alpukat Menguning? Tips Mengatasinya

Mengapa daun alpukat menguning? Daun alpukat yang sehat berwarna hijau muda hingga tau, namun apabila daun alpukat berwarna kuning lemas dan mengarah kelayu bisa jadi ada masalah pada tanaman sahabat, hal ini harus segera di atasi dan ditindak lanjuti untuk menghindari kematian pada tanaman alpukat.

Penyebab Daun Alpukat Menguning
Berdasarkan beberapa pengalaman teman petani alpukat, daun alpukat berubah menguning bisa dikarenakan beberapa faktor, pertama bisa karena kekurangan unsur magnesium, untuk mengatasinya sahabat bisa menambahkan dolomit pada media tanah. 

Kenapa Daun Alpukat Menguning

Faktor kedua bisa karena kekurangan unsur hara nitrogen (N) yang dapat menyebabkan daun menguning, untuk mengatasinya sahabat bisa membeli pupuk urea atau za, bisa juga dengan membeli pupuk NPK. Ingat memberikan pupuk harus sesuai dosis karena jika berlebihan pupuk dapat menjadi racun untuk tanaman alpukat sahabat. 

Faktor ke tiga karena pH tanah yang menurun, untuk memastikan media tanam alpukat baik sebaiknya sahabat cek kadar pH tanah tempat alpukat tumbuh, lakukan tindakan untuk menetralkan kadar pH (pH 6-7). 

Tambahkan pupuk kandang di sekitar media agar tanah menjadi lebih subur, cara ini telah diperaktekan oleh salah satu petani alpukat dan berhasil memulihkan kesehatan pohon alpukatnya. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga ada manfaat untuk pembaca.