Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Alat Transportasi Bertenaga Surya Lebih Baik Daripada Alat Transportasi Berbahan Bakar Fosil

Alasannya adalah karena alat transportasi bertenaga surya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan alat transportasi berbahan bakar fosil yang mengeluarkan gas buang, keunggulan lainnya energi surya merupakan energi terbarukan yang melimpah dari matahari.

Penjelasan :
Alat transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil selain menghasilkan gas buang yang berbahaya untuk lingkungan dan manusia, juga ketersedian bahan bakarnya terbatas sehingga akan habis pada waktunya. 


Jalan keluar yang bisa di tempuh untuk masalah ini adalah dengan mencari sumber energi terbarukan, tenaga surya adalah salah satunya. Energi surya diubah menjadi energi listrik untuk menggerakkan dinamo yang selanjutnya digunakan untuk menggerakkan kendaraan. 

Keunggulan Alat Transportasi Bertenaga Surya 
Kendaraan bertenaga surya tidak mengeluarkan gas buang sehingga ramah lingkungan, perawatan lebih sederhana karena tidak memerlukan pembakaran dalam mesin kendaraan, seperti kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dari fosil. Selain itu lebih hemat operasional karena energi surya mudah di dapat, energi terbarukan dan gratis.

Kelemahannya 
Jumlah kendaraan yang masih sedikit karena masih dalam tahap pengembangan, harganya mahal karena masih tergolong teknologi baru yang rumit, dan tidak bisa digunakan saat malam hari karena tidak ada sinar matahari. 
Alat Transportasi Yang Saat Ini Berteknologi Tenaga Surya
Saat ini teknologi kendaraan bertenaga surya yang ada dalam bentuk kapal laut, mobil, dan pesawat terbang. Namun saat ini belum ada yang dikomersilkan atau di jual umum karena masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan.