Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Air Laut Itu Asin dan Bagaimana Prosesnya? - Ini Jawabannya.

Mengapa air laut itu asin? Pertanyaan ini cukup menggelitik bagi admin, sebab admin dulajar sendiri anak pesisir dan pastinya hamir tiap hari melihat pantai dan tahu persis rasanya air luat itu asin. Namun ketika ditanya mengapa air laut itu asin, admin bingung, oleh karena itu pada postingan kali ini akan admin jelaskan berdasarkan studi literatur yang telah saya lakukan. Berikut ini ulasannya.

Air laut menjadi asin kerena kandungan garam di dalamnya, oke saya rasa semuanya sepakat ya. Taukah sobat dari mana garam luat itu berasal? Garam yang berada dilaut itu asal muasalnya adalah dari daratan. Loh kok bisa? Baca terus ya.

Daratan kaya akan mineral termasuk di dalamhanya ada garam, ketika hujan menimpa dataran maka air akan menuju kelaut melalui sungai atau luapan dari dataran, air ini membawa banyak mineral dari lautan termasuk garam, karena tejadi terus menerus maka kandungan garam dalam lautan semakin tinggi.

Kandungan garam dalam air laut semakin tinggi namun jumlah air laut selalu berkurang melalui penguapan. Air laut menguap tanpa membawa garam ( jadi hanya H2O saja) sehingga kandungan garam tetap dan bertambah karena air sungai selalu menyuplai garam kelaut.

Sekarang coba kita hitung berapa jumlah sungai di dunia? Banyak sekali bukan, semua sungai ini berperan penting dalam membuat air laut menjadi asin. Sekarang sudah mulai paham ya.

Pertanyaan selanjutnya, Lalu kalau garam dari dataran, mengapa air di waduk atau danau tidak asin? Sebab penguapan yang terjadi pada waduk atau danau tidak besar dan berbanding lurus dengan jumlah air yang masuk. Intinya terlalu kecil penguapan yang terjadi, justru mineral garam yang ada di waduk dan danau ini di alirkan kepantai melalui sungai.

Buat sobat yang masih bingung tentang proses asinnya air laut di atas, akan saya coba jelaskan dalam bahasa yang lebih sederhana :

1. Air sungai mebawa mineral garam ke lautan (kandungan garam sangat sendikit sehingga ketika kita rasakan tidak akan terasa asin).
2. Kandungan garam dilautan terus bertambah sedikit demi sedikit karena selalu disuplai oleh sungai.
3. Air laut menguapkan air (Hanya H2O saja) sehingga garam tetap berada di laut dan jumlahnya terus bertambah.

4. Karena penambahan mineral garam terus-menerus terjadilah air laut menjadi asin.

Bagaimana? sudah paham ya mengapa air laut menjadi asin? Admin rasa sudah cukup ya, penjelasannya semoga bermanfaat dan sampai jumpa.