Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Habis Makan Selalu Ngantuk?

Mengapa ya ketika habis makan sering terasa ngantuk? apakah itu adalah hal yang wajar? mungkin ini pertanyaan yang sering dialami oleh kebanyakan orang yang sering merasa ngantuk setelah makan.

Ternyata fenomena ini banyak dialami oleh banyak orang, termasuk admin sendiri. Berdasarkan dari informasi yang admin peroleh ngantuk setelah makan adalah hal yang wajar apabila sobat tidak memiiki riwayat kesehatan yang buruk, misal diabet dan lain-lain. Jika sobat merasa tidak ada keluhan lain bisa jadi penyebab ngantuk yang sobat alami sesuai dengan penjelasan di bawah ini :

Menurut profesor ahli gizi dan psikologi di Universitas Cornell, Dr David Levitsky mengungkapkan penyebab ngantuk setelah makan bisa diakibatkan oleh berpindahnya aliran darah dari otot dan otak menuju ke perut dan usus, selain itu memakan makanan juga akan memicu saraf parasimpatis untuk menghemat energi dan melambatkan detak jantung tujuannya aga nutrisi dalam makanan dapat terserap dengan baik, hal inilah yang membuat banyak orang habis makan jadi mengantuk.

Terus ada tidak tips cara agar tidak ngantuk setelah makan? Ada, saran saya sebaiknya makan sedikit saja, sebab semakin banyak sobat makan maka saraf parasimpatis akan bekerja lebih besar untuk membuat sobat lebih mengantuk. Makanan yang bisa dicoba agar tidak mengantuk setelah dimakan adalah buah-buahan atau makanan yang tidak mengandung karbohidrat terlalu tinggi.

Makanan yang mengandung karbo tinggi contohnya adalah nasi dan ubu, nah jika tidak ada makanan lain gimana? boleh dimakan, usahakan jangan teralu banyak agar tidak mengantuk nanti setelah makan.