Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab AC Baru Tidak Dingin

Beli AC baru tetapi setelah dipasang kok tidak dingin ya, kira-kira kenapa ya min? Apakah masalah ini yang sedang Anda alami? jika iya, maka coba perhatikan beberapa faktor di bawah ini yang mungkin menjadi salah satu penyebab AC anda tidak dingin.

Biasanya AC baru yang tidak dingin dikarenakan 2 hal ini :
1. PK AC yang Anda pilih tidak cocok untuk ruangan Anda
2. Instalasi yang salah atau tidak tepat.

Ruangan dengan luas tertentu diperlukan PK yang sesuai, apakah Anda sudah memilih AC dengan PK yang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda? Jika Anda belum terlalu paham dengan PK, coba cek standad PK dan ruangan di bawah ini :

1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Ilustrasi penggunaan PK, jika ruangan Anda 18m2 menggunakan AC dengan PK 1/2 maka AC Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan Anda. Udah mulai paham ya.

Selain PK juga dipelukan perhitungan jumlah orang didalamnya, jadi semakin banyak orang diruangan tersebut akan mempengaruhi suhu pada ruangan, tips dari admin sebaiknya pilih PK yang satu tingkat lebih tinggi dari daftar pk di atas.

Faktor kedua karena instalasi yang tidak tepat, misal unit outdoor bermasalah karena sirkulasi udara tertutup oleh benda lain, akhirnyatidak ada ruang untuk sirkulasi udara, sebaiknya ada ruang kosong minimal 60 cm hingga 1m agar pertukaran udara bisa lancar. Hindari juga pembuatan unit outdoor yang saling berhadapan dengan jarak terlalu dekat.

Jika kedua faktor diatas tidak ada masalah, langkah terakhir Anda konsultasikan hal ini kepada costomer servise merk AC yang Anda beli, semoga artikel penyebab AC baru tidak dingin bermanfaat dan bisa menjawab permasalahan Anda.