Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab AC Lama Sekarang Tidak Dingin Lagi

Berbeda dengan kasus sebelumnya, AC baru tetapi tidak dingin, pada postingan kali ini saya akan membahas penyebab AC lama tapi sudah tidak dingin lagi dan bagaimana cara menanganinya agar kembali normal. Kan sayang kalau beli baru, selama bisa kita perbaiki.

Beberapa kemungkinan yang bisa membuat AC Anda sekarang tidak dingin lagi diantaranya :
  1. Filter udara yang kotor
  2. Coil AC yang kotor
  3. Permasalahan pada kompressor AC
  4. Kurang Freon pada AC
1. Filter udara yang kotor
Udara didalam AC tidak akan bisa mengalir dengan seharusnya apabila filter udara di AC Anda dalam kondisi kotor, sehingga proses kemampuan AC untuk mendinginkan udara akan berkurang, saluran udara yang kotor dapat menyumbat udara sehingga berpotensi membuat AC mengalami kebocoran. 

2. Coil dan Kompresor AC Bermasalah
Apabila Coil AC Anda kotor maka AC tidak akan bisa mempertahankan temperatur dingin sehingga kompresor akan bekerja lebih tinggi untuk mendinginkan udara. Ya intinya selalu cek AC Anda selama 3 bulan sekali untuk dibersihkan dari kotoran yang dapat menyumbat saluran udara di dalam AC. 

3. Kurang Freon
Dalam instalasi yang baik setidaknya AC Anda tidak akan kekurangan freon dalam 1-2 tahun, Namun perlu Anda ketahui, sebaiknya Anda mengisi ulang freon 2 tahun sekali untuk menghindari AC kekurangan freon.

Penting untuk kita yang baru menggunakan AC membaca manual book yang sudah disediakan oleh perusahaan AC, agar kita dapat memahami hal-hal penting dalam merawat AC agar awet saat digunakan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.