Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa dan Kapan Bakteri Membentuk Endospora

Banyak hal unik dan cara organisme dalam mempertahankan hidupnya diberbagai lingkungan, misalnya saja bakteri, beberapa bakteri seperti Bacillus dan Clostridium membentuk endospora agar dapat bertahan hidup di lingkungan yang tidak mendukung.

Kalau ditanya mengapa bakteri membentuk endospora? maka jawabannya adalah karena untuk mempertahankan hidupnya dilingkungan yang tidak menguntungkan, misal karena perubahan susu yang sangat ekstrim seperi dingin atau panas, bisa juga karena terpapar sinar UV, antibiotik, dan kondisi lain yang merugikan hidup bakteri.


Proses pembentukan endospora ini disebut Sporulasi, endospora ini juga bisa dikatakan adalah fase tidurnya bakteri.

Pada saat kondisi lingkungannya sudah kembali menguntungkan maka endospora ini akan kembali menjadi bakteri bersel tunggal.

Kapan Bakteri Akan Membentuk endospora?
Bakteri akan membentuk endospora kapan saja ketika lingkungannya mulai tidak menguntungkan atau tidak sesuai dengan lingkungan hidup bakteri. Jadi ketika lingkungan sudah membahayakan hidup, maka bakteri mulai membantuk endospora.

Juga pelu sobat ketahui bahwa endospora ini mampu bertahan di lingkungan yang sangat tidak mendukung kehidupan bakteri, seperti suhu panas/dingin, paparan UV, senyawa kimia beracun dan lain-lain.

Semoga penjelasan tentang kapan dan mengapa bakteri membentuk endospora bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa.