Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Secara Ilmiah

Indonesia sering terjadi gempa bumi, mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana penjelasan ilmiahnya? Sebelum admin menjelaskan lebih jauh yuk kita pahami dulu apa pengertian gempa bumi.

Menurut wikipedia Gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Secara Ilmiah
Ilustrasi kerusakan akibat gempa

Apa penyebab terjadinya gempa bumi? Gempa bumi dibedakan menjadi gempa alami dan gempa buatan. Namun pada pembahasan kali ini admin hanya menjelaskan penyebab gempa secara alami khususnya yang terjadi di Indonesia.

Dua gempa yang paling umum terjadi di Indonesia yaitu gempa tektonik dan vulkanik, adapaun penyebabnya sebagai berikut :

Penyebab dan Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Vulkanik
Penyebab gempa bumi vulkanik adalah karena aktifitas tekanan magma di perut bumi, adapun proses terjadinya gempa bumi vulkanik adalah karena adanya proses dinamik dari magma dan cairan yang bersifat hidrotermal (peka terhadap panas), sehingga dapat dipakai sebagai tanda-tanda awal peningkatan keaktifan gunung api.

Proses fluida (cairan) dinamis yang terjadi karena adanya gradien suhu dan tekanan magma dapat menimbulkan gelombang gempa yang berasal dari proses resonansi retakan yang terisi cairan magma. Frekuensi gempa vulkanik yang dominan berkisar antara 1 sampai 5 Hz, selain frekuensi rendah lainnya.

Alasan mengapa Indonesia sering terjadi gempa vulkanik adalah karena Indonesia berada di kawasan Ring of Fire Bumi, sehingga tidak heran jika Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Karena banyaknya gunung berapi maka akan banyak pula aktifitas vulkanik di Indonesia.

Kawasan Ring of Fire yang berwarna merah muda

Penyebab Dan Mengapa indonesia Sering Terjadi Gempa Tektonik
Penyebab gempa bumi tektonik adalah karena adanya pergeseran lempeng tektonik. Gempa ini terjadi karena tenaga besar yang dihasilkan mengakibatkan tekanan antar lempeng batuan dalam perut Bumi sehingga terjadi pergerakan yang mengakibatkan gempa.

Letak Indonesia yang berada diantara 3 letak lempeng bumi yaitu lempeng Pasifik, lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia membuat Indonesia sering terjadi gempa tektonik.

Posisi lempeng di Indonesia
Apabila kita kaji secara teori dan ilmiah yang menyebabkan Indonesia sering terjadi gempa adalah karena letak Indonesia yang berada di Ring of Fire dan diantara 3 lempeng besar bumi. Gempa ini bisa terjadi sewaktu-waktu, so kita harus tetap waspada ya.

Karena kita tidak pernah tahu kapan gempa bumi terjadi, ada baiknya kita selalu bedoa kepada tuhan yang maha esa agar negara kita diajuhkan dari gempa bumi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul Penjelasan Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Tektonik dan Vulkanik Secara Ilmiah dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/06/mengapa-indonesia-sering-terjadi-gempa-bumi.html