Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Mengapa Pembangunan Terusan Gomati Dianggap Mempunyai Nilai Ekonomis Tinggi

Mengapa pembangunan terusan Gomati dianggap mempunyai nilai ekonomis tinggi? Perlu diketahui bahwa terusan gomati adalah sungai gomati yang dibangun oleh Raja Purnawarman dari kerajaan Tarumanegara, adapun penjelasan mengapa pembangunan terusan gomati bernilai ekonimi tinggi sebagai betikut :

Karena terusan gomati pada saat itu digunakan masyarakat sebagai sarana transportasi untuk mengangkut berbagai komoditas hasil bumi dari pegunungan menuju ke pusat kerajaan.

Mengapa Pembangunan Terusan Gomati Mempunyai Nilai Ekonomis Tinggi
Ilustrasi kondisi Terusan Gomati
Hal ini sangat membantu jalus distrubusi barang sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di pedalaman, sebelumnya jalus distrubusi harus melewati daratan yang medannya lebih sulit dan berbahaya.

Karena adanya sungai gimati ini ekonomi masyarakat dipedalaman sangat terbantu, sebab meraka dapat lebih mudah menjual dan mendistribusikan barang dagangan mereka. Secara tidak langsung karena adanya sungai gomati ini ekonimo di pedalaman meningkat.

Oleh sebab begitu bermanfaatnya terusan gomati ini menjadikan terusan gomati bernilai ekonomi tinggi untuk masyarakat di kerajaan Tarumanegara pada saat itu.

Terusan gomati ini menjadi jalur transportasi perdagangan dari pelabuhan pantai utara Jawa Barat dengan kerajaan Tarumanegara hingga ke daerah pedalaman. Demikian yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul Penjelasan Mengapa Pembangunan Terusan Gomati Dianggap Mempunyai Nilai Ekonomi Tinggi dengan alamat link : https://dulajar.blogspot.com/2018/06/mengapa-pembangunan-terusan-gomati-mempunyai-nilai-ekonimi-tinggi.html