Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa BUMD Sulit Berkembang

Alasan mengapa BUMD sulit sekali untuk berkembang adalah karena beberapa hal diantaranya BUMD Indonesia belum memiliki payung hukum yang kuat karena belum ada Undang-Undang khusus tentang BUMD sehingga mudah dimanfaatkan oleh oknum-oknum nakal untuk memperkaya diri sendiri.

Selain itu BUMD tidak dikelola secara profesional dan tidak memiliki orientasi profit membuat banyak BUMD di Indonesia mengalami kebangkrutan. Intervensi dalam pengambilan keputusan oleh kepala Daerah dan DPRD sering menghambat BUMD mengalami kemajuan.

Perlu perhatian khusus dari pemerintah untuk menerbitkan aturan-aturan yang dapat memudahkan BUMD mengalami kemajuan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Diantaranya pengelolaan BUMD secara profesional seperti Perseroan terbatas yang lebih longgar di dalam berekspansi usaha.

Kesimpulan mengapa BUMD sulit berkembang adalah belum adanya undang-undang dan aturan khusus yang mengatur BUMD , Intervensi dari kepala Daerah dan DPRD serta sumberdaya manusia yang belum mumpuni.