Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Hewan Tidak Dapat Membuat Makanan Sendiri

Alasan mengapa hewan tidak dapat membuat makanan sendiri adalah karena hewan tidak memiliki organ yang dapat memperoduksi nutrisi untuk tubuhnya sendiri, oleh karena itu hewan digolongkan dalam organisme heterotrof.

Heterotrof merupakan makhluk hidup/organisme yang cara memperoleh makanannya dari makhluk lain, misalkan Manusia dan hewan. Untuk dapat bertahan hidup organisme memerlukan nutrisi untuk metabolisme tubuh.Nutrisi diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh organisme.

Lalu mengapa tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri? Tumbuhan bisa mendapatkan makanannya sendiri karena tumbuhan memiliki organ yang mampu menyediakan nutrisi/makanan untuk dirinya sendiri.

Organ tanaman yang bisa membuat makanan sendiri adalah daun, di dalam organ daun terdapat  yang namanya kloroplas, di dalam kloroplas ini terjadi proses yang namanya fotosintesi, fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, karbohidrat ini adalah makanan untuk tanaman.

Bagaimana dengan hewan? Hewan tidak memiliki organ semacam tumbuhan, jadinya untuk memperoleh makanan, hewan mengambilnya dari makhluk lain.

Semoga Sobat paham ya penjelasan tentang Alasan Mengapa Hewan Tidak Dapat Membuat Makanan Sendiri, alamat link artikel ini : https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-hewan-tidak-dapat-membuat-makanan-sendiri.html