Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Diwajibkan Untuk Menghormati Orang Tua Dan Guru

Alasan mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru adalah karena orang tua dan guru orang yang sangat berjasa didalam kehidupan setiap orang. Menghormati orang tua termasuk salah satu bakti seorang anak terhadap orang tuanya. Menghormati guru adalah bentuk dari rasa terimakasih soerang murid terhadap jasa guru didalam mendidik murid dengan sepenuh hati.

Menghormati Orang Tua
Dalam konteks hal ini orang tua adalah mama/papa kita yang melahirkan dan membesarkan kita. Menghormati orang tua adalah kewajiban bagi seorang anak dan perintah dari Allah dan Rosul untuk (birrul walidain).

Orang tua sangat berjasa bagi hidup kita, sebab orang tualah yang melahirkan kita (ibu), memberikan kasihsayang dan menafkahi kita hingga kita besar. Butuh pengorbanan yang besar bagi orang tua untuk membesarkan anaknya.  Begitu besarnya peran dan jasa orang tua dalam hidup kita, maka wajib bagi kita untuk menghormati orang tua kita sebagai bakti dan rasa syukur kita atas jasa beliau.

Bentuk bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya
Menyayangi dan menghormati ke dua orang tua sampai kapanpun, merawat dan memenuhi kebutuhan hidupnya ketia mereka sudah tidak mampu bekerja dan selalu mendoakan kebaikan atas kedua orang tua kita.

Baca Juga : Alasan Mengapa Kita Harus Berprestasi

Menghormati Guru 
Guru memiliki peran yang sangat penting didalam pendidikan kita, mengajari kita dengan sepenuh hati, tulus dan mengharapkan kita kelak menjadi orang yang besar dengan pengorbanan waktunya mengajari kita informasi dan ilmu yang bermanfat.

Guru juga menjadi orang tua pengganti ketika di sekolah yang tugasnya tidak hanya mengajar, tetapi jugamendampingi kita, memahami apa masalah kita dan sering bahkan guru tidak bisa tidur karena memikirkan muridnya agar bisa memahi pelajaran yang mereka sampaikan.

Sebagai rasa terimakasih kita sebagai murid dengan cara menghormati guru kita, berkata yang baik dan menjadi murid yang rajin serta penuh semangat menuntut ilmu. Dan yang lebih penting dengan kita menghormati guru kita, kita akan mendapatkan barokahnya ilmu.

Saat ini Sobat telah menyelesaikan membaca artikel yang berjudul mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru dengan alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-kita-diwajibkan-untuk-menghormati-orang-tua-dan-guru.html semoga bermanfaat untuk para pembaca