Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa NKRI Disebut Sebagai Nusantara

Mengapa Indonesia atau NKRI sering disebut sebagai Nusantara? Pertanyaan ini sangat menarik perhatian saya, selaku Admin dulajar blog sederhana ini. Bagaimana tidak, saya sebagai warga negara Indonesia yang selalu mendengar istilah Nusantara belum paham betul mengapat Indonesia memiliki nama lain Nusantara.

Oleh sebab itu, pada postingan kali ini saya akan mengulas alasan mengapa Indonesia juga disebut sebagai nusantara.

Alasan Mengapa NKRI Disebut Sebagai Nusantara

Istilah Nusantara sebenarnya sudah ada sejak pertengahan abad ke 12-16 atau ditahun 1200-1600 masehi di zaman kerajaan Majapahit guna menggambarkan konsep negara kepulauan, hal ini dibuktikan dari literatur berbahasa Jawa.

Jadi alasan mengapa NKRI disebut sebagai Nusantara adalah karena NKRI merupakan negara yang terdiri dari banyak sekali pulau. Lalu apa hubungan Nusantara dengan negara kepulauan?

Kembali lagi ke sejarahnya, bahwa istilah Nusantara awal mulanya digunakan untuk menggambarkan suatu wilayah yang terdiri dari banyak pulau sesuai dengan konsep kerajaan Majapahit.

Sebenarnya pada 1600 masehi istilah Nusantar
a mulai terlupakan, namun istilah ini dihidupkan kembali di awal abad 20 oleh Ki Hajar Dewantara sebagai salah salah satu nama alternatif untuk  nama negara merdeka yang sebelumnya Hindia belanda, namun yang disetujui sebagai nama negara adalah Indonesia tetapi penggunaan Nusantara tetap digunakan sebagai sinonim dari Indonesia.

Jadi itu sekilas sejarah awal mula nama Nusantara menjadi nama lain dari Indonesia. Lalu apa arti kata Indonesia sehingga dipilih menjadi nama negara kita? Artik kata Indonesia adalah kepulauan hindia.

Saat ini Sobat sudah membaca artikel yang berjudul Alasan Mengapa Negara Kesatuan Republik Indonesia Disebut Sebagai Nusantara dengan url link : https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-nkri-disebut-sebagai-nusantara.html semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.