Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Pulau Jawa Menjadi Wilayah Paling Rawan Bencana Di Indonesia

Alasan mengapa Pulau Jawa menjadi wilayah paling rawan  bencana di Indonesia adalah karena pulau jawa merupakan tempat bertemunya lempeng asia dan australia yang aktif mengalami pergeseran, hal ini yang membuat pulau jawa sering terjadi bencana gempa tektonik.

Selain itu di pulau jawa terdapat beberapa gunung berapi aktif hal ini membuat pulau jawa berpotensi mengalalami gempa vulkanik dan letusan gunung berapi.

Ada lagi penyebab mengapa pulau jawa juga sering terjadi bencana alam, misalnya lbencana angin puting beliung. Menurut para pakar perubahan iklim Institut Teknologi Bandung (ITB) , di Pualu Jawa memiliki potensi lebih besar bencana angin puting beliung dibandingkaan daerah lain di Indonesia karena memiliki tekanan udara yang rendah

Hal yang lebih krusial lagi alasan mengapa pulau jawa rawan bencana adalah karena padatnya jumlah penduduk sehingga banyak kerusakan lingkungan hidup akibat ulah manusia. Jumlah penduduk di pulau jawa adalah 50% lebih dari total jumlah penduduk Indonesia.

Bencana alam di Pulau Jawa akibat padatnya jumlah penduduk diantaranya adalah Banjir dan Longsor. Banjir terjadi karena ruang resap air hujan yang sempit, dan tersumbatnya sungai akibat sampah. Sedangkan longsor akibat penebangan pohon oleh manusia di daerah lereng gunung.

Kesimpualannya Penyebab Pulau Jawa Rawan Bencana Alam: 
Posisi lempeng tektonik di sekitar pulau jawa, rendahnya tekanan udara, banyaknya gunung berapi aktif dan padatnya penduduk di Pulau Jawa yang merusak lingkungan hidup.

Dari penjelasan di atas, admin setuju banget nih kalau seandainya ibu kota di Indonesia di pindah ke Kalimantan untuk menghindari bencana alam.

Demikian penjelasan artikel yang berjudul Mengapa Pulau Jawa Menjadi Wilayah Paling Rawan Bencana di Indonesia dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-pulau-jawa-menjadi-wilayah-paling-rawan-bencana-di-Indonesia.html Semoga artikel di atas bermanfaat untuk para pembaca.