Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Indonesia Disebut Negara Agraris

Alasan mengapa Indonesia disebut Negara Agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mata pencahariannya dibidang pertanian atau bercocok tanam. Bagaimana tidak disebut negara Agraris karena 45% penduduknya bekerja dibidang pertanian.

Namun dari tahun ketahun jumlah petani di Indonesia mengalami tren penurunan , jumlah pentani saat ini tinggal 27 juta. Ini merupakan jumlah yang cukup memprihatinkan karena petani memiliki peran yang cukup penting didalam memenuhi kebutuhan pangan dalam Negeri.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya jumlah petani di Indonesia diantaranya karena berkurangnya lahan pertanian dikarenakan alih fungsi lahan menjadi infrastruktur dan pemukiman.

Namun dari sisi lain menurnnya jumlah petani di akibatkan oleh kebijakan pemerintah yang dirasa merugikan petani yaitu impor produk pertanian sehingga produk-produk lokal kalah bersaing harga, harga komoditi menjadi murah dan petani mengalami rugi karena biaya produksi lebih tinggi dari pada hasil yang diperoleh.

Selain karena kebijakan pemerintah, ada hal krusial lagi yang menyebabkan petani enggan menanam yaitu ulah oknum tengkulak yang mempermainkan harga dan stok komoditi sehingga banyak petani yang dirugikan.

Semoga ada perthatian khusus dari pemerintah khususnya mentri pertanian untuk meningkatkan minat pemuda untuk terjun di bidang pertanian dengan memberikan kemudahan akses bantuan terhadap pertanian. Menjaga nilai produk komoditas pertanian tetap stabil dan jaminan kesejahteraan bagi para petani. Amiiin.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul Mengapa Indonesia Disebut Negara Agraris dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-indonesia-disebut-negara-agraris.html