Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Rotasi Bumi Menyebabkan Pembelokan Arah Arus Laut

Alasan mengapa rotasi bumi menyebabkan pembelokan adalah karena rotasi bumi menyebabkan gerakan berputar pada bidang bumi yang bulat sehingga ketika arus bergerak lurus akan berbelok karena gerakan rotasi. Arah pembelokan akan berbeda di setiap kutubnya, arah arus dan angin di kutup selatan akan searah dengan jarum jam sedangkan di kutub utara akan berlawanan.

Fenomena ini adalah dari sekian banyak manfaat rotasi bumi dalam kehidupan di Bumi, adapun manfaat gerakan rotasi yang lain sebagai berikut: Terjadinya siang dan malam, gerak semu matahari (matahari seperti bergerak dari timur ke barat), perbedaan waktu/ jam serta perbedaan percepatan gravitasi bumi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari rotasi bumi untuk kehidupan manusia. Saat ini sobat sengan membaca artikel yang berjudul Mengapa Rotasi Bumi Menyebabkan Pembelokan Arah Arus Laut dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-rotasi-bumi-menyebabkan-pembelokan-arah-arus-laut.html semoga bermanfaat untuk para pembaca.