Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Sumber Daya Alam Bisa Menjadi Modal Utama Pembangunan

Alasan mengapa sumber daya alam (SDA) bisa menjadi modal utama pembangunan adalah karena SDA merupakan bahan utama dalam pembangunan berbagai infrastruktur. Negara kita kaya akan sumberdaya alam diantaranya berbagai jenis kayu, batu bara, biji besi, alumunium, pasir, batu keras, timah dan lain-lain yang merupakan sumber daya alam yang di butuhkan di seluruh dunia.

Sumber daya alam ini menjadi modal utama untuk pembangunan negara. Karena Negara tidak perlu membeli, cukup menambang dan menggunakannya untuk membangun berbagai macam fasilitas untuk rakyat dan bangsa.

Sebagian dari sumber daya alam ini bisa dijual ke negara lain untuk mendapatkan profit yang dapat kita turkarkan dengan produk lain yang tidak ada di dalam negeri.


Jenis Sumber Daya Alam Tidak Terbatas
Sumber daya alam tidak hanya berupa barang-barang diatas, tetapi ada yang lain juga  dan jumlahnya hampir tidak terbatas yaitu angin, air terjun, pantai, danau, sungai, panas bumi, cahaya matahari dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan.

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Tidak Terbatase
Angin yang bergerak kencang dan terus menerus, Air terjun dengan debit air yang besar, Waduk/ Danau yang besar bisa menjadi modal penting didalam pembangunan infrastruktu pembangkit listrik terbarukan yang ramah lingkungan.

Selain itu pantai, air sungaim danau bisa menjadi modal pembangunan di sektor pariwisata, budidaya ikan, mutiara, kerang, rumput laun dan lain sebagainya. Apabila benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal akan sangat mensejahterakan rakyat Indonesia.

Negara kita sunggih benar-benar kaya akan Sumber Daya Alam. Sayangnya karena bangsa kita belum bisa memanfaatkannya dengan baik untuk kepentingan sendiri, akhirnya dimanfaatkan bangsa lain untuk kepentingan mereka.

Kesimpulan Mengapa Sumber Daya Alam Bisa Menjadi Modal Untuk Pembangunan
Kayaan sumber daya Alam Indonesia sangatlah melimpah diantaranya produk-produk tambang berupa timah, biji bsih, batubara, emas, berlian, nikel, batu keras dan lain-lain. Produk kayu diantaranya kayu jati, mahoni, sengon dll. SDA berbentuk alam diantaranya angin, sungai, danau, panas bumi, pantai, laut, pulau dan lain-lain.

Semua contoh di atas apabila dimanfaatkan dengan benar akan menjadi modal yang sangat-sangat besar dan paling utama untuk pembangungan Bangsa yang pada akhirnya akan mensejahterakan rakyat.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul Mengapa Sumber Daya Alam Bisa Menjadi Modal Penting Untuk Pembangunan dengan alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-sumber-daya-alam-bisa-menjadi-modal-utama-pembangunan.html semoga memberikan manfaat untuk para pembaca.