Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui

Alasan mengapa minyak bumi tidak dapat diperbaharui adalah karena dalam proses perbaharuannya (siklus terbentuknya minyak bumi) membutuhkan berjuta-juta tahun lamanya sehingga tidak mungkin manusia menunggu selama itu untuk mendapatkan minya bumi yang baru.

Oleh sebab itu kita perlu menghemat penggunaan minyak bumi agar sumber energi tetap tersedia sampai anak turun kita. Setidaknya sampai manusia sudah tidak ketergantungan terhadap sumber energi dari fosil.

Mengapa Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui
Unit pengeboran minyak bumi
Sampai saat ini para peneliti sedang mengembangkan teknologi untuk mendapatkan energi terbarukan yang lebih efektif dan efisien sehingga mampu menggantikan energi dari fosil ke murni energi terbarukan.

Kendala Teknologi Terbarukan Saat Ini
Teknologi yang memanfaatkan energi terbarukan sudah ada, hanya saja biaya untuk menerapkan teknologi ini masih mahal dibandingkan dengan menggunakan energi dari bahan minyak bumi.

Setelah para pakar menemukan teknologi yang mampu mendapatkan energi terbarukan dengan biaya yang murah dan dapat di jual dengan harga yang murah juga ke konsumen.

Dampak-Dampak Negatif Penggunaan Minyak Bumi Sebagai Sumber Energi
Penggunaan minyak bumi sebagai sumber energi ternyata memberikan dampak negatif pada manusia, diantaranya :

1. Rusaknya Alam dan Lingkungan 
Penambangan secara besar-besaran merusak lingkungan, pengeboran dan penggalian mengalihfungsikan hutan, terumbu karang menjadi galian besar sehingga berkurangnya habitat makhluk hidup.

Selain itu banyak kebocoran minyak bumi yang terjadi di lepas pantai akibat dari kesalahan teknis. Hal ini sangat mencemari air laut yang membahayakan ikan.

2. Pencemaran Udara
Energi yang dihasilkan dari minyak bumi menghasilkan gas buang yang mencemari lingkungan berupa karbon monoksida dan gas-gas lainnya. Gas karbon monoksida yang terlalu banyak di atmosfer dapat menyebabkan hujan asam dan efek rumah kaca yang dapat meningkatkan suhu udara bumi atau dalam istilah sederhananya adalah pemanasan global (global warming).

Baca Juga : Sumber Pencemaran Udara Dalam Ruangan 

Demikian ulasan tentang mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Sobat bisa mengakses artikel ini di url https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-minyak-bumi-tidak-dapat-diperbarui.html