Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harus Ada Proklamasi

Alasan mengapa harus ada proklamasi kemerdekaan adalah karena dengan diproklamasikannya kemerdekaan maka negara yang sebelumnya dijajah menyatakan serta mengumumkan kepada rakyatnya dan dunia (masyarakat internasional) telah merdeka dan mandiri sehingga akan mendapatkan pengakuan internasional.

Pengakuan dari bangsa lain dan kesadaran sebagai negara yang merdeka menjadi modal penting untuk Indonesia melaksanakan tujuan dari dasar negara yang telah dibentuk yaitu pancasila yang terdiri dari 5 sila.

Manfaat dari Memproklamasikan Kemerdekaan

Manfaat Secara Internal
Proklamasi akan meningkatkan semangat rakyat Indonesia untuk rela berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dengan mengesampingkan kepentingan pribadi. Proklamasi akan menimbulkan semangat persatuan yang kokoh pada semua golongan dan lapisan masyarakat Indonesia.

Manfaat Eksternal
Suatu wilayah yang mengumumkan kemerdekaannya (proklamasi) akan di akui oleh bangsa lain dan akan mendapatkan dukungan. Hal ini untuk mencegah terjadinya penjajahan ulang oleh bangsa yang kuat.

Negara yang telah menyatakan kemerdekaannya akan lebih kuat di dalam melawan penjajah karena bersatunya semua elemen dan golongan dalam suatu bangsa, sehingga akan sangat sulit bagi bangsa lain untuk menjajah kembali karena akan ada perlawanan yang besar dari pribumi.

Selain itu, apabila suatu bangsa menyatakan kemerdekaannya akan mendapatkan bantuan dari negara lain, baik berupa dukungan ataupun pasukan perang. Negara yang menjajah negara yang menyatakan kemerdekaannya akan di kecam oleh bangsa lain.

Itulah alasan mengapa harus ada proklamasi untuk kemerdekaan Indonesia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk sobat semua.