Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Untuk Menghasilkan Listrik Perlu dibangun Sebuah Bendungan

Alasan mengapa perlu dibangun bendungan untuk menghasilkan listrik adalah karena dengan adanya bendungan dapat menampung debit air yang sangat banyak, sehingga mampu menghasilkan arus air yang kuat untuk menggerakkan kincir air/turbin, gerakan kincir oleh arus air ini akan menghasilkan listrik terbarukan yang ramah lingkungan.

Semakin besar bendungan maka akan semakin besar pula air yang dapat ditampung dan akan semakin deras pula arus air yang dihasilkan. Kekuatan arus air yang dihasilkan oleh bendungan akan mempengaruhi jumlah enegri listrik yang akan dihasilkan oleh kincir air.


Listrik yang dihasilkan dari bendungan ini namanya Pembangkit Listrik Tenaga Air atau disingkat PLTA. Di Indonesia teknologi ini sudah mulai digencarkan karena merupakan sumber listrik yang ramah lingkungan dan terbarukan.

Demikian ulasan tentang mengapa untuk mengasilkan listri perlu dibangun sebuah bendungan, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Halaman ini bisa diaksek di url https://dulajar.blogspot.com/2018/08/mengapa-untuk-menghasilkan-listrik-perlu-dibangun-bendungan.html