Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Berbuahnya Buah Jamblang/Duwet

Musim buah jamblang - Apakah sahabat masih ingat dengan buah jamblang atau duwet atau juga di sebut juwet? Jika iya, kapan terakhir sahabat memakan buah ini? Admin rasa sudah cukup lama ya, karena buah jamblang saat ini cukup sulit ditemukan.

Katanya sih sudah mulai langka di pasaran, jikapun ada buah jamblang  di pasar harganya juga lumayan tinggi, dikisaran Rp 15.000 hingga Rp 20.000  per kgnya.

Kapan Musim Buah Jamblang?
Bulan dimana pohon jamblang atau duwet berbuah dan mulai dipanen antara bulan agustus hingga november. Jadi musim buah jamblang itu bulan agustus dan september.

Kapan Musim Berbuahnya Buah Jamblang

Untuk beberapa tanaman kadang berbuah lebih awal sehingga pada juni juli kita menjumpai pohon jamblang berbuah lebat.

Kadang juga pohon jamblang berbuah telat sehinnga kita tetap bisa menjumpai buah jamblang pada akhir tahun dan awal tahun.

Gimana Cara Memakan Buah Jamblang atau Duwet?
Kalau admin biasanya langsung dimakan kalau jamblangnya manis, tetapi kalau jamblangnya kecut biasanya admin masukkan mangkok lalu ditambah gula pasir dan di aduk-aduk hingga rata, jamblang lezat siap di santap.

Rasa Buah Jamblang
Sebelum admin jelaskan rasanya, admin mau memberitahukan bahwa naman jamblang di setiap daerah bisa berbeda, ada yang bilang juwet, duwet, duwek. Kalau dikampung admin namanya duwek.

Adapun rasa buah jamblang ini kadang ada yang manis, ada juga kecut sepah. Biasanya yang manis itu yang warna kulit buahnya hitam pekat. Rasa yang dihasilkan buah jamblang bisa berbeda terganting pohonnya, apakah jenis jamblang kecut sepah atau yang jenis pohon yang menghasilkan buah manis.

Sahabat sudah membaca artikel kapan musim berbuahnya buah jamblang atau duwet, semoga memberikan manfaat dan sampai jumpa. Halaman ini beralamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/kapan-musim-berbuahnya-buah-jamblang.html