Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Buah Kepel

Apakah sobat salah satu dari sekian banyak orang yang menyukai buah kepel? Pastinya iya, sebab jika tidak manamungkin nyasar ke halaman ini. Kira-kira kapan sih musim pohon buah kepel berbuah lebat?

Untuk menjawab pertanyaan ini Admin telah menyiapkan informasinya untuk sahabat pembaca blog dulajar ini.

Pohon kepel dalam 1 tahun dapat berbuah dua kali ada juga yang 1 kali sekali. Jadi begini, dalam satu tahun ada 2 musim panen buah kepel, hanya saja salah satu dari musim buah kepel ada yang tidak terlalu banyak. Adapun rinciannya sebagai berikut :

Kapan Musim Buah Kepel

Musim Panen Raya Buah Kepel
Pohon kepel biasanya berbuah dan mulai dipenen secara serempak pada bulan Desember hingga Februari, jadi pada saat panen raya buahnya melimpah ruah dan harganya cenderung lebih murah di pasar.

Nah, sedangkan pada musim kedua terjadi pada bulan Juni dan Juli, biasanya musim ini terjadi akibat keterlambatan berbunga pada beberapa pohon kepel.

Admin udah pernah makan buah kepel?
Kayaknya sih saya belum pernah makan buah kepel, tapi penasaran ingin makan buah ini, katanya sih buah ini rasanya manis dan wangi. Hmmm jadi penasaran.

Pohon Kepel Mulai Langka
Karena buah ini tidak sefamiliar buah-buahan lain, banyak pohon kepel yang ditebang pemiliknya dan diganti dengan tanaman lain yang lebih laku dipasaran. Hal ini membuat tanaman kepel mulai langka dan jarang di jumpai.

Solusi Melestarikan Buah Kepel Dari Admin 
Perlu adanya solusi nih biar gak langka dan tidak terancam punah. Kalau dari admin nih, sebaiknya kita mulai mengenalkan buah ini ke berbagai daerah dengan cara di masukkan ke media koran, tv, internet dan lain-lain agar banyak orang yang tau dan penasaran dengan buah kepel.

Nah kalau sudah banyak yang tau kan muncul peluang pemasaran yang lebih luas dan pada akhirnya buah kepel memiliki tempat dihati konsumen.

Seiring penggalakan informasi tentang buah kepel, para peneliti agronomi khususnya di bidang pemuliaan tanaman harus mulai meneliti buah ini untuk mengusahakan varietas unggul tanaman kepel sehingga lebih disukai oleh konsumen.

Misalnya nih, buah kepel itu kan yang bisa dimakan cuma setengah dari buahnya, dengan adanya peran pemuliaan tanaman buah kepel yang bisa dimakan menjadi lebih banyak (lebih dari separuh bagian), biji buah kepelnya juga bisa diperkecil sehingga daging buahnya lebih tebal dan lain-lain.