Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Bawang Putih Juga Berfungsi Sebagai Pengawet

Bawang putih umumnya kita gunakan sebagai salah satu bumbu dapur, namun seiring dengan perkembangan jaman manfaat bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan pengawet pada makanan.

Muncul pertanyaan menarik, ada apa dibalik kandungan bawang putih sebagai bahan pengawet makanan ?. Berikut ini penjelasannya:

Mengapa Bawang Putih Juga Berfungsi Sebagai Pengawet

Penjelasan Ilmiah Bawang Putih Sebagai Bahan Pengawet Makanan
Bawang putih mengandung zat anti mikroba jahat yang mampu merusak metabolisme bakteri jahat sehingga tidak mampu berkembang di bahan pangan.

Penyebab makanan mudah rusak adalah karena bakteri merugikan yang bermetabolisme dibahan makanan yang kita simpan. Pemberian bawang putih sebagai bahan pengawet makanan berarti sama dengan Anda menghambat perkembangan bakteri pada makanan sehingga makanan menjadi lebih awet dan umur simpan lebih lama.

Perlu di ketahui....
Perlu diketahui bahwa bahan pangan yang mengandung air adalah media tumbuh yang baik untuk bakteri sehingga apabila kita simpan tanpa diberi perlakuan pengawetan maka akan cepat rusak.

Penerapan Bawang Putih Sebagai Bahan Pengawet Makanan
Aplikasi bawang putih sebagai bahan pengawet sudah pernah di teliti oleh Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Dr. Tri Winarni Agustini dengan mengawetkan ikan bandeng.

Pemberian bawang putih dengan konsentrasi 3 hari mampu mengawetkan ikan bandeng selama 6 hari. Adapun informasi lengkapnya Anda bisa membaca jurnalnya ya di internet.

Jadi alasan paling logis mengapa bawang putih bisa menjadi bahan pengawet adalah karena kemampuan zat di dalamnya yang mampu merusak metabolisme bakteri merugikan.Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.