Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Penanganan Pasca Panen Secara Kimia

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang tujuan dari penanganan pasca panen secara kimia pada produk pertanian khususnya pada komoditas hortikultura?. Jika iya, silahkan membaca artikel ini dengan seksama.

Pada umumnya semua produk pertanian membutuhkan penanganan pasca panen untuk mengurangi resiko kehilangan hasil yang besar yang tujuannnya dapat memberikan ke untungan yang maksimal bagi pelaku usaha pertanian.

Salah satu teknik penanganan pasca panen yaitu dengan cara pemberian bahan kimia. Apa sih tujuannya?. Simak penjelasannya berikut ini :

Tujuan Penanganan Pasca Panen Secara Kimia

Tujuan Penanganan Pasca Panen Dengan Pemberian Bahan Kimia
1. Mencegah serangan hama dan penyakit pada produk pertanian setelah di panen dengan pemberian bahan kimia berupa insek atau fungisida. Keruskan akibat penyakit dan serangan hama akan menurunkan nilai ekonomi dan hasil produk.

2. Memperlama masa penyimpanan produk buah(memperlambat kematangan) dengan penyerapakan hormon etilen sehingga produk buah tidak rusak selama masa pendistribusian ke konsumen. Ini sangat berguna untuk produk buah import dan eksport yang distribusinya memakan waktu hingga berminggu-minggu.
 
3. Mempercepat pematangan buah dengan pemberian etilen, sehingga cara ini akan mempercepat waktu pemeraman yang menguntungkan untuk produk buah dengan pemasaran lokal.

4. Menghambat munculnya tunas pada produk pertanian dengan pemberian zat penghambat tunas. Karena munculnya tunas pada hasil panen akan menurunkan mutu produk pertanian.

5.  Menjaga penampilan produk pertanian dengan pemberian senyawa tertentu untuk menjaga bentuk, warna tetap baik hingga sampai ke konsumen.

Dengan penerapan pasca panen secara kimia akan menjaga mutu, meningkatkan nutrisi, meningkatkan harga jual produk pertanian sehingga pelaku usaha pertanian akan semakin di untungkan tanpa merugikan konsumen.

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul tujuan penanganan pasca panen secara kimia dengan alamat url : https://dulajar.blogspot.com/2018/09/tujuan-penanganan-pasca-panen-secara-kimia.html