Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Penanganan Pasca Panen Tanaman Obat

Tujuan dari manajemen penanganan pasca panen tanaman obat adalah untuk menjamin mutu dan kualitas tanaman obat agar manfaat dan kandungan kimia di dalamnya tetap utuh hingga proses pengolahan tanaman obat menjadi sediaan obat.

Hal ini sesuai dengan keputusan kepala POM No. HK.00.05.41. 1384  yang isinya selain kepastian khasiat dan keamanan, jaminan mutu produk juga merupakan hal penting yang tidak dapat diabaikan.

Ini juga menyangkut segala aspek proses produksi sediaan obat herbal dari hulu hingga ke hilir, yang meliputi  kejelasan jenis bibit, budidaya, dan pengolahan pasca panen dalam menghasilkan simplisia (terstandar), pembuatan ekstrak (terstandar), pembuatan sediaan dan pengemasan.

Baca juga : Manfaat Penanganan dan Pengolahan Pasca Panen Secara Umum

Tujuan Penanganan Pasca Panen Tanaman Obat

Tujuan Pasca Panen Tanaman Obat
  1. Terjaminnya mutu dan kualitas tanaman herbal hingga sampai ke konsumen/industri
  2. Kebutuhan industri terhadap bahan yang memiliki ekstrak terstandard dari produk tanaman untuk obat herbal yang menerapkan good manufacturing practice (GMP)
  3. Agar mengurangi resiko kehilangan zat aktif pada produk tanaman untuk obat herbal.
  4. Memperluas pemasaran tanaman untuk obat herbal
Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul tujuan penanganan pasca panen tanaman obat dengan alamat url : https://dulajar.blogspot.com/2018/09/tujuan-penanganan-pasca-panen-tanaman-obat.html