Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Penanganan dan Pengolahan Pasca Panen

Usaha pertanian tidak hanya melulu membahas cara menanam tetapi perlu juga manajeman penanganan dan pengolahan pasca panen. Pasca panen sangat penting dan banyak sekali manfaatnya baik untuk para petani dan pengusaha agribisnis.

Sebelumnya apasih perbedaan penanganan dan pengolahan pasca panen? Sebenarnya sama saja, yang intinya bagaimana cara memanajemen komoditi agar kualitas dan mutunya terjaga hingga sampai di konsumen.

Manfaat Penanganan dan Pengolahan Pasca Panen

Fungsi dan Manfaat Manajeman Pasca Panen
1. Mengurangi Hilangnya Hasil Pertanian
Komoditas pertanian merupakan bahan dengan kadar air yang tinggi, lunak dan mudah sekali rusak. Dengan manajemen paska dan pra panen kerusakan yang di akibatkan dari cara panen dan penyimpanan bisa di minimalisir.

Sehingga komoditas memiliki daya simpan yang lebih lama dan sampai ke konsumen dalam kondisi yang baik.

2. Meningkatkan Nutrisi 
Komoditas sayuran dan buah cenderung mudah rusak, ketika komoditas ini rusak maka nutrisi di dalamnya akan berkurang dan hilang. Nutrisi yang hilang dari komoditas akan merugikan konsumen dan petani.

3. Meningkatkan Nilai Produk
Dengan manajemen paska panen maka komoditas akan mendapatkan perlakuan khusus baik teknik panen, penyimpanan dan kemasan. Dengan standard yang baik maka komoditas bisa masuk pasar kalangan atas sehingga nilai komoditas akan naik dan lebih mahal dari pada pasar lokal.

4. Memperluas Pasar Pemasaran
Manajemen pasca panen yang baik dapat meningkatkan daya simpan komoditas, jika komoditas bisa di jaga mutu dan kualitasnya maka bisa menjangkau pasar yang lebih jauh sehingga muncul potensi penjualan yang lebih luas dan besar.

5. Membuka Lapangan Kerja Baru
Untuk menerapkan manajemen pasca panen akan membutuhkan tenaga kerja sebagai pelaksana sehingga dengan menerapkan pengolahan pasca panen akan membuka lapangan kerja baru.

Baca juga : Alasan Mengapa Iklim Dapat Berpengaruh Dalam Bidang Pertanian 

Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul manfaat penanganan dan pengolahan pasca panen dengan alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/manfaat-penanganan-dan-pengolahan-pasca-panen.html