Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Iklim Dapat Berpengaruh Dalam Bidang Pertanian

Mengapa Iklim Dapat Berpengaruh Dalam Bidang Pertanian- Iklim adalah komponen abiotik yang sangat berpengaruh dibidang pertanian, alasannya karena iklim dapat sesuai dengan kondisi lingkungan tumbuhan butuhkan dan bisa jadi sangat merusak bagi tanaman.

Bingung ya kok bisa begitu?

Iklim berhubungan langsung dengan sinar matahari, curah hujan dan suhu lingkungan. Setiap tanaman dapat tumbuh dan menghasilkan produk pertanian dengan lingkungan yang sesuai dengan karakter tumbuhnya.

Sekarang kita ambil contoh tanaman apel. Tanaman apel dapat tumbuh dan berbuah dengan suhu 16-27 drajat celcius, dan tingkat kelembaban udara yang tinggi.


Kira-kira apa yang terjadi jika apel di tanam di lingkungan yang suhunya 30 derajat celcius dengan kelembaban udara yang kering?

Pastinya tanaman akan hidup merana bahkan akan mati. Boro-boro akan berbuah, tanaman bisa terus hidup merupakan suatu kebeuntungan.

Lalu apa hubungannya iklim dengan bidang pertanian?
Mari saya jelaskan hubungannya.
Seperti yang kita tahu bahwa iklim mempengaruhi susu, kadar hujan, intensitas cahaya, dan lain-lain yang berhubungan dengan lingkungan. Tanaman membutuhkan spesifik lingkungan tertentu untuk hidup dan berproduksi tinggi.

Bidang pertanian adalah usaha yang memanfaatkan tumbuhan untuk menghasilkan produk pertanian dengan cara membudidayakannya dan memanen organnya untuk di jual, contohnya tanaman mangga, alpukat, pisang dan buah naga untuk dipanen buahnya. Tanaman kentang dan singkong untuk dipanen umbinya dan tanaman-tanaman lainnya.

Apabila iklim (lingkungan) tidak sesuai dengan syarat hidup tumbuh tanaman yang dibudidayakan maka tanaman tidak akan bisa tumbuh dengan optimal sehingga bisa terancam gagal panen. Hal ini juga belaku sebaliknya.

Bila iklim mendukung syarat tumbuh tanaman yang dibudidayakan maka tanaman akan tumbuh optimal dan akan memberikan hasil panen yang melimpah. Itu sebab mengapa iklim sangat berpengaruh dibidang pertanian.

Keselarasan iklim atau musim menjadi pertimbangan oleh para petani yang bijak untuk menentukan tanaman yang akan dibudidaya tujuannya untuk meningkatkan potensi hasil dan mengurangi kemungkinan gagal panen.

Saat ini Anda sedang membaca artikel pertanian dengan judul Mengapa Iklim Dapat Berpengaruh Dalam Bidang Pertanian dengan alamat link https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-iklim-dapat-berpengaruh-dalam-bidang-pertanian.html