Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Mengapa Air Laut Asin

Alasan mengapa air laut terasa asin adalah karena air laut mengandung mineral garam yang membuat air laut menjadi asin. Lalu dari mana asal garam di laut? Garam laut asalnya dari daratan yang ikut melalui air sungai yang selalu bertambah terus menerus.

Lalu mengapa air sungai rasanya tawar? Karena konsentrasi meneral garam di sungai sedikit. Sedangkan di laut sangat tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi, jika sumber mineral garam berasal dari dataran?

Simak penjelasannya ya berikut ini:

Penjelasan Mengapa Air Laut Asin

Sumber mineral garam dari dataran yang terbawa oleh air sungai dengan jumlah yang sangat kecil yang terus menerus di alirkan ke laut melalui muara. Karena air laut selalu di suplay mineral garam oleh air sungai di seluruh dunia sehingga kandungan garam semakin banyak di laut.

Fenomena naiknya air laut ke atmosfer yang menjadi bahan air hujan mengurangi jumlah air di laut namun tidak mengurangi mineral garam di lautan karena yang terangkat ke atmosfer hanya air saja.

Karena jumlah mineral garam terus bertambah dan air laut terus berkurang maka semakin lama konsetrasi air laut semakin tinggi dan membuat air laut menjadi asin.

Ada pertanyaan menarik, lalu mengapa danau tidak berasa asin, kan mekanismenya juga sama dengan air laut? Iya memang mekanismenya hampir sama, air danau juga mengalami penguapan tetapi tidak sebesar di air laut, selain itu danau cenderung mengalirkan mineral garam melalui anak sungainya, jadi danau justru kehilangan mineral garamnya.

Jadi gimana sudah paham ya. Semoga sobat mengerti penjelasan mengapa air laut terasa asin, jika sobat merasa artikel ini bermanfaat tolong bantu admin untuk menshare link artikel ini : https://dulajar.blogspot.com/2018/07/penjelasan-mengapa-air-laut-asin.html