Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Hutan Bakau Dapat Mencegah Terjadinya Abrasi dan Harus Dilestarikan

Alasannya adalah karena hutan bakau dapat melindungi daratan pesisir dari gempuran ombak yang kuat dengan cara menahan terpaan ombak yang keras melalui tanaman-tanaman yang berhadapan langsung dengan lautan.

Tanaman bakau/mangrove ini adalah tanaman yang mampu hidup dengan baik di lingkungan air laut (toleransi garam tinggi), hidup di pesisir pantai yang akarnya menancap dengan kuat di tanah sehingga berfungsi sebagai pemecah kekuatan gelombang laut.

Karena hutan bakau mampu menahan gempuran ombak di pantai maka daratan akan minim sekali abrasi karena daratan tidak terhantam oleh kekuatan air laut.

Hutan Bakau Dapat Mencegah Terjadinya Abrasi

Mengapa Hutan Bakau/Mangrove Harus Dilestarikan?
Alasannya adalah karena hutan mangrove dapat melindungi daerah pesisir dari abrasi karena terpaan ombak yang kuat sehingga daratan tidak berkurang dan pembatas antara pantai dan daratan tidak rusak.

Negara kita adalah negara kepulauan sehingga banyak sekali daerah pesisir yang terancam rusak akibat gelombang laut sehingga negara perlu melestarikan hutan bakau untuk melindungi bibir pantai dari abrasi.

Selain untuk mencegah abrasi, hutan bakau juga menjadi pemasok oksigen loh untuk kita, juga menjadi tempat tinggal beberapa fauna, seperti berbagai jenis burung,ikan kecil dan hewan lainnya.

Hutan mangrove/bakau juga bisa dijadikan ekowisata atau wisata pendidikan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.


Jadi itu penjelasan singkat mengapa hutan bakau dapat mencegah terjadinya abrasi dan kenapa harus dilestarikan. Halaman ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/10/mengapa-hutan-bakau-dapat-mencegah-abrasi.html