Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kelapa Atau Degan Ada Airnya Dan Rasanya Manis

Buat sahabat pecinta air kelapa muda pastinya ingin tahu mengapa di dalam buah kelapa ada airnya, kira-kira dari mana, seperti apa prosesnya dan kenapa rasanya bisa manis?

Asal Usul Air Dalam Buah Kelapa
Darimana asalnya air yang ada di dalam buah kelapa? Jawabannya adalah dari air yang diserap oleh pohon kelapa kemudian disalurkan ke seluruh organ tanaman, salah satunya adalah buah. 

Sebenarnya tidak hanya air saja yang diserap oleh pohon kelapa, tetapi juga unsur hara yang ikut larut dalam air. Nah air dan unsur hara ini dimanfaatkan oleh tanaman untuk proses metabolisme seperti respirasi, fotosintesis, pertumbuhan, pembentukan batang, daun, buah dan lainnya.

Kelapa Atau Degan Ada Airnya

Proses Terbentuknya Air Kelapa
Ada berbagai teori mengenai alasan mengapa air dari akar dapat naik ke seluruh orang tanaman, termasuk daun dan buah. 

Salah satu teorinya adalah karena kapilaritas batang mampu mengangkat air ke atas melalui pembuluh kayu batang. Pembuluh kayu ini disebut jaringan xilem yang berperan mengangkut air dan unsur hara ke organ tanaman bagian atas. 

Masuknya air ke dalam buah kelapa ini juga melalui jaringan xilem loh. Tapi jangan di bayangkan airnya mengalir mancur kayak keran air ya.

Jadi masuknya air kedalam buah itu secara bertahap, pertama kan buah kelapa kecil, tumbuh makin lama makin besar dan makin banyak airnya. 

Kenapa Air Kelapa Rasanya Manis 
Air kelapa kan dari tanah, air tanah itukan tawar, lalu kenapa air kelapa rasanya manis? 

Sebenarnya air yang ada di buah kelapa itu bukan langsung dari tanah menuju buah. Tetapi air tanah digunakan tanaman untuk proses metabolisme yang menghasilkan berbagai macam produk seperti protein dan karbohidrat.

Airnya Kelapa Rasanya Manis

Adapun rasa manis yang terdapat pada air kelapa berasal dari kandungan karbohidrat pada endosperma cair yang dibentuk melalui fotosintesis dan asimilasi.

Satu Pertanyaan lagi nih min, 

Kenapa Semakin Tua Kelapa Airnya Semakin Tawar/Manisnya Berkurang?
Alasannya karena karbohidrat yang berada di air kelapa dirubah menjadi daging buah sebagai cadangan makanan dan pembentukan embrio. 

Karena kadar karbohidrat berkurang maka rasa manis buah kelapa tua juga berkurang. Jadi seperti itu kurang lebih penjelasannya. 

Bagaimana sudah paham ya mengapa kelapa atau degan ada airnya dan rasanya manis. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan wawasan baru untuk teman-teman pembaca. Halaman ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/10/mengapa-kelapa-atau-degan-ada-airnya.html