Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah-Istilah Dalam Bioteknologi Pertanian Part 1 (A)

dulajar, Memahami istilah dalam bioteknologi atau biologi molekuler akan memudahkan kita didalam mengetahui proses dan langkah kerja yang kita lakukan, jadi proses belajarpun akan lebih mudah dipahami.

Berikut ini beberapa istilah dan pengertian yang sering digunakan dalam biologi molekuler/bioteknologi dibidang pertanian:
Istilah-Istilah Dalam Bioteknologi Pertanian Part 1

Gel Agarose/Agarosa : Adalah zat yang digunakan dalam biokimia dan bioteknologi untuk elektroforesis gel dan kromatografi ukuran molekul khusus yang merupakan metode peyortiran molekul besar oleh ukuran dan muatan listrik.

Aglutinasi : Adalah terjadinya penggumpalan yang diakibatkan pemberian suatu bahan, atau reaksi spesifik dimana virus berikatan dengan partikel asing mikroskopik, misalnya yang terjadi pada sel darah merah.

Amplifikasi : adalah peningkatan jumlah salinan urutan DNA

Analisis restriksi : adalah penentuan jumlah dan ukuran fragmen DNA yang dihasilkan pada waktu molekul DNA dipotong dengan endokluase restriksi tertentu.

Annealing : Adalah perpasangan DNA komplementer ata urutan RNA melalui ikatan hidrogen untuk membentuk untaian ganda polinukleotida .

Antibodi : Adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap antigen. Contoh antigen adalah virus yang dapat menjadi agen penular.

Antigen : Adalah suatu material yang biasanya berupa protein yang apabila masuk kedalam tubuh menyebabkan munculnya respon antibodi.

Aquades : Adalah air hasil destilasi/penyulingan.

Autoklaf : Adalah alat diseksi logam dan media atau alat yang digunakan untuk mensterilkan media dengan uap bersuhu dan bertekanan tinggi selama 15 menit.

Autotropik : Adalah organisme yang dapat merubah  bahan anorganik menjadi organik dengan bantuan sinar matahari (mampu membuat makanannya sendiri).

Sekian untuk penjelasan beberapa istilah dalam biologi molekuler/ bioteknologi dibidang pertanian  part 1, akan di sambung pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.