Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tanaman Bakau Dapat Mencegah Abrasi

Dulajar, Penjelasan mengapa tanaman bakau dapat mencegah abrasi adalah karena tanaman bakau dapat meredam terpaan ombak dan aliran air laut yang kuat sehingga kuatnya ombak dan arus air laut tidak sampai menghantam pesisir (dataran tepi laut).

Akar tunggang tanaman bakau yang menancap kuat di tanah dan rapatnya tanaman dapat menghalangi kekuatan air agar tidak merusak dan mengkikis daratan. Oleh sebab itu tanaman bakau perlu di tingkatkan keberadaanya terutama di pesisir pantai yang mengalami abrasi dan beresiko.

Mengapa Tanaman Bakau Dapat Mencegah Abrasi

Beberapa Penyebab Munculnya Resiko Abrasi 
Resiko abrasi bisa muncul karena beberapa faktor, baik faktor alam dan karena ulah manusia, faktor alam terjadi karena ombak yang kuat yang di akibatkan oleh aktivitas vulkanik dan sebagainya, sedangkan faktor yang disebabkan oleh manusia adalah dengan menambang pasir dan batu karang di pesisir pantai, dan menebang pohon bakau sehingga pantai/pesisir sudah tidak memiliki perisai untuk melindungi daratan dari arus air laut.

Semoga jawaban diatas benar dan bermanfaat untuk para pembaca, sahabat juga bisa membaca artikel saya yang lain yang berjudul Mengapa Abrasi Harus Segera Dicegah. Akhir kata sampai jumpa.