Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Abrasi Harus Segera Dicegah? Ini Alasan Pentingnya

Pertanyaanya mengapa abrasi harus dicegah? apa sebenarnya yang dapat dirusak oleh abrasi sehingga prosesnya harus dicegah, dan ancaman apa yang dapat diberikan jika terus dibiarkan? Jika ini adalah pertanyaannya sobat ada pada tempat yang tepat.

Definisi abrasi adalah proses terjadinya pengikisan dan berkurangnya bibir pantai yang diakibatkan oleh ombak dan arus laut yang bersifat merusak dan apabila dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan berkurangnya daratan.

Dari pengertian abrasi sendiri sebenarnya sudah menjawab dari pertanyaan di atas, namun jika sobat masih ada yang masih bingung akan admin bantu jawab lebih detail. Beikut ini ulasannya.


Terjadinya Abrasi Harus Segera Dicegah
  1. Abrasi dapat merusak bibir pantai yang mana bibir pantai mayoritas menjadi tempat wisata yang memiliki nilai ekonomi, apabila rusak akan mengakibatkan turunnya daya tarik wisata pantai. 
  2. Abrasi yang terjadi secara jangka panjang dapat mengakibatkan berkurangnya dataran, hal ini akan sangat merugikan manusia dimana kebutuhan lahan semakin tinggi yang diakibatkan oleh bertumbuhnya populasi manusia. 
  3. Menimbulkan kerugian secara material kepada penduduk pesisir karena mereka dapat kehilangan tepat tinggal dan lahan. 
  4. Berkurangnya lahan pertanian karena beralih fungsi menjadi pantai, di Indonesia banyak lahan pertanian yang berlokasi di bibit pantai. 
  5. Tenggelamnya dataran yang lebih rendah dari permukaan air laut.
Apabila abrasi tidak segera dicegah dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi suatu negara dan penduduknya.

Oleh sebab itu perlu adanya upaya menanggulangi abrasi, salah satu upayanya adalah tidak menambang pasir di bibir pantai, menanam tanaman bakau, membuat pagar pemecah ombak di bibit pantai dan lain-lain.