Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Abad Ke-16 Disebut Zaman Imperialisme

Apa definisifi dari kata imperialisme? dan mengapa pada abad ke-16 disebut sebagai zaman imperialisme? dan apa yang menyebabkan imperialisme ini terjadi? Sepertinya sangat menarik untuk kita bahas bersama-sama. 

Kita ingat bahwa negara kita dulu pernah di jajah oleh negara eropa selama 3 abad atau setara 300 tahun, dan negara kita medeka pada abad ke 19 tepatnya tahun 1945, jika dipikir-pikir negara kita ini termasuk korban dari kebijakan imperialisme sejak abad ke-16. 

Mengacu pada situs wikipedia bahwa definisi imperialisme adalah kebijakan sebuah negara kuat yang dapat memegang kendali/memerintah negara lain dengan cara menaklukkannya dengan peperangan. Ketika banyak negara lemah takluk oleh kekuatan besar dari negara penguasa maka terjadilah zaman imperialisme yang mengakibatkan banyak penderitaan dan siksaan karena ketidak adilan dalam memerintah suatu negara yang lemah. Istilah yang sering kita dengar adalah zaman penjajahan. 

Mengapa abad ke-16 disebut zaman imperialisme? 
Sebab pada abad ke-16 banyak negara maju dan kuat mencari dataran lain yang subur untuk diambil kekayaannya dengan menguasai daerah tersebut dengan berbagaimacam cara, salah satunya dengan cara peperangan yang mengakibatkan takluknya suatu daerah dan secara terpaksa harus mematuhi perintah pemimpin negara yang menguasainya. 

Pada abad ini banyak neraga lemah dijajah oleh negara maju dan kuat untuk diperbudak demi kepentingan negaranya, sehingga banyak negara lemah yang mengalami kesulitan.

Lalu Apa Penyebab Terjadinya Imperialisme di Abad ke-16? 
1. Karena keinginan negara untuk diakui sebagai negara terbesar di dunia
2. Hasrat untuk menyebarkan idiologi dan agama ke negara lain
3. Keingingan untuk menguasai eknomi, pedagangan dan kekayaan dari negara lain. 
4. Karena ingin menguasai suatu negara yang memiliki lokasi geografis yang strategis. dll

Demikian artikel tentang mengapa pada abad ke-16 disebut zaman imperialisme dan penyebab terjadinya imperialisme, semoga dapat menjawab pertanyasaan sobat, terimakasih dan sampai jumpa diartikel yang lain.