Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal? Jawaban

Halo sahabat, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar budidaya tanaman alpukat khusunya tentang jarak tanam yang ideal berdasarkan beberapa petani alpukat berpengalaman. 

Sebenarnya penerapan jarak tanam pada tanaman alpukat tergantung sistem tanam yang digunakan, sistem tanam rapat bisa, sistem tanam renggang bisa, kedua jenis sistem tanam ini memiliki kelebihan dan ke kurangan masing-masing.

Kelebihan sistem tanam rapat populasi tanaman alpukat menjadi banyak, sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan perawatan lebih intensif, rawan persaingan nutrisi dan kanopi tanaman menjadi kecil sehingga jumlah buah per tanaman sedikit. 

Berapa Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal

Kelebihan sistem tanam longgar yaitu persaingan antar tanaman menjadi terkendali dan jumlah buah pertanaman menjadi lebih banyak. Kelemahannya yaitu jumlah tanaman menjadi lebih sedikit pada luas area yang sama. 

Sistem Tanam Rapat Untuk Alpukat
2,5 x 2,5 
3x3
3x4

Sistem Tanam Alpukat Kerapatan Menengah
4x4
4x6
5x5
5x6

Sistem Tanam Alpukat Kerapatan Longgar
7x6
7x7
6x8
9x9

Sekarang tinggal sahabat mau pilih yang mana, saran saya untuk pemula sebaiknya menggunakan sistem tanam kerapatan menengah sampai kerapatan longgar, namun jika sahabat yakin bisa merawat dan memiliki pengetahuan yang baik tentang budidaya alpukat, sahabat langsung bisa menggunakan sistem tanam alpukat yang rapat.

Demikian informasi tentang jarak tanam alpukat, semoga tulisan ini ada manfaat untuk sahabat, sampai jumpa di kesempatan yang lainnya.